Rabu, 10 Juni 2015

Pemrograman Java - getip, getname, iptoname, nslookup

http://sains.info/wp-content/uploads/2015/04/code-java.jpg 

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan empat buah contoh program java yang berkaitan dengan pemrograman jaringan. Yaitu:
  1. getip.java


    Sourcecode di atas digunakan untuk mencari ip yang sedang kita pergunakan. InetAddress host = null; host = InetAddress.getLocalHost(); byte ip[] = host.getAddress(); for (int i=0; i { if (i>0) { System.out.print ("."); } System.out.print (ip[i] & 0xff); } System.out.println (); } } pada bagian tersebut menerangkan bahwa host dari inet address awal berupa null yang kemudian akan diberikan ip yang berupa byte. kemudian dengan menggunakan looping untuk mendapatkan ip serta ketika sudah mendapatkan akan ditampilkan ipnya namun jika tidak hanya akan menampilkan  saja , hal ini disebabkan perintah if .
  2. getname.java


    Sourcecode di atas digunakan untuk mengetahui nama hostname. InetAddress host = null; host = InetAddress.getLocalHost(); System.out.println("nama komputer anda: "+ host.getHostName()); pada bagian tersebut terlihat bahwa untuk mendapatkan hostname kita menggunakan perintah inetadress.getlocalhost . yang dimana setelah mendapatkanIp saya berikan kepada variabel host. kemudian setelah mendapatkannya kita tampilkan namun dengan menggunakan gethostname maka yang ditampilkan adalah host namenya saja.
  3. iptoname.java


    Sourcecode di atas digunakan untuk mencari alamat host komputer namun menggunakan ip komputer tersbut untuk ip to. Pertama kali kita memanggil inetaddressnya terlebih dahulu. kemudian akan dideklarasikan ke dalam variabel address. kemudian dilempar ke catch ketika terdapat kesalahan maka yang akan ditampilkan adalah invalid ip dan maka system akan keluar (dalam hal ini command prompt) kemudian jika tidak terdapat kesalahan maka akan menampilkkan hostname dari ip yang kita cari.
  4. nslookup.java


    Sourcecode di atas digunakan untuk mencari sebuah ip namun dengan menggunakan hostname. if (args.length == 0) { System.out.println("Pemakaian: java NSLookup "); System.exit(0); } String host = args[0]; InetAddress address = null; pada bagian ini hanya akan menampilkan pemakaian untuk menampilkan saja kemudiana akan mencari inet addreess yang dimana dimulai dengan null try { address = InetAddress.getByName(host); } catch (UnknownHostException e) { System.out.println("Unknown host"); System.exit(0); } byte[] ip = address.getAddress(); for (int i=0; i0) System.out.print("."); } System.out.println(); } ketika i lebih besar dari 0 makaprogram akan mencetak ... namun jika tidak maka akan kosong saja .

0 komentar:

Posting Komentar

 
;