Rabu, 10 Juni 2015

Proyek idProxy

Disusun Oleh:
Deni Angga (51411839)
Dwi Irfan Pambudi (52411242)
Regie Imam Prabowo (55411934)
Fakultas Teknologi Industri
Jurusan Teknik Informatika
Universitas Gunadarma


Abstrak
Internet merupakan kebutuhan primer bagi bebearapa orang yang tinggal di wilayah perkotaan. Banyak dari mereka yang menggantungkan pekerjaannya melalui koneksi internet. Namun berdasarkan data dari Facebook, hanya sepertiga orang di dunia yang dapat mengakses internet. Hal ini juga berbanding lurus dengan penetrasi internet di Indonesia. Jurnal ini memberikan pengenalan terhadap projek idProxy yang bertujuan untuk memberikan akses internet secara gratis ke seluruh Indonesia.


Pendahuluan
Projek ini pertama kali dikemukakan oleh mahasiswa aktif Gunadarma di Laboratorium Gangmus untuk membahas masalah penetrasi internet di Indonesia. Permasalahan yang umum adalah mahalnya biaya internet yang diberlakukan oleh provider sehingga minimnya niat konsumen untuk menggunakan internet.

Hal ini ternyata juga dilihat oleh Facebook. Mereka bekerjasama dengan Indosat untuk meluncurkan projek Internet.org di Indonesia. Bekerjasama dengan Ericsson, Mediatek, Nokia, Opera, Qualcomm dan Samsung mereka meluncurkan proyek tersebut tahun 2013 lalu. Mereka berpendapat bahwa biaya internet terlalu mahal hingga 100 kali dari yang seharusnya untuk dapat diaplikasikan secara global. Kunci dari inovasi pemikiran mereka adalah dengan mengurangi biaya pengiriman data oleh ISP dan dengan melakukan kompresi data sehingga data dari aplikasi mobile dapat berjalan lebih efisien.

Penerapan proyek yang dilakukan Facebook dapat juga diterapkan secara nasional dengan bantuan pemerintah. Dalam jurnal ini akan dijelaskan perancangan Proyek iProxy yang merupakan proyek skala nasional dalam mengatasi penetrasi Internet di Indonesia khususnya secara mobile.

idProxy
idProxy adalah salah satu solusi untuk perluasan internet di Indonesia. Dengan idProxy, pengguna ponsel di Indonesia dapat mengakses situs lokal sehingga menciptakan masyarakat yang melek internet.
idProxy akan menggunakan proxy server khusus yang terhubung dengan provider Internet nasional. Dengan idProxy maka masyarakat dapat mengakses internet tanpa harus mengeluarkan biaya atau gratis.

Tujuan
idProxy diciptakan untuk memberikan solusi internet murah di Indonesia. idProxy akan diberlakukan secara gratis selama menggunakan provider mobile yang melakukan kerjasama dengan proyek idProxy ini. Dengan adanya idProxy maka diharapkan masyarakat dapat mengenal dan memanfaatkan internet secara bertanggungjawab.

 
Secara garis besar tujuan idProxy adalah:
  1. Memberikan pengenalan internet terhadap masyarakat yang berada di daerah pedesaan.
  2. Memberikan internet gratis terhadap masyarakat yang merasa bahwa tarif internet terlalu mahal.
  3. Memberikan kesempatan bagi pelaku e-commerce dalam pemasaran ataupun jual beli barang.
  4. Membatasi akses terhadap situs-situs ilegal karena hanya dapat menggunakan DNS idProxy.

Cara Kerja
Merujuk pada Internet.org yang membuka port khusus untuk mengakses internet maka dapat diciptakan pengembangannya dengan menggabungkan proxy khushus seperti yang dilakukan pada idProxy. Seperti pendahulunya yaitu Internet.org, cara kerja idProxy akan menggunakan dua inovasi, yaitu:
  1. Meminimalisir biaya pengiriman atau transfer data.
  2. Melakukan kompresi data sehingga transfer data dapat lebih efisien dan hemat bandwith.
Untuk mewujudkan hal ini, proyek idProxy akan menggandeng beberapa partner dan ISP yang ada di Indonesia khususnya provider GSM.

 
idProxy akan menggunakan proxy khusus yang disediakan untuk mengakses internet. Untuk menjaga kualitas dari kegiatan surfing pengguna internet di Indonesia, idProxy akan terhubung dengan DNS yang nantinya disediakan khusus untuk idProxy ataupun DNS yang sudah ada seperti Nawala tergantung dari kerjasama yang dilakukan pemerintah.

Tentu saja terdapat batasan akses untuk menjaga kualitas dari pelayanan idProxy. Karena idProxy diberlakukan secara nasional maka penggunanya akan diperkirakan sangat besar. Untuk aksesnya, setiap pengguna akan dibatasi bandwith sebesar 100mb perhari. Jumlah ini dirasa cukup untuk melakukan browsing untuk sehari karena sesuai tujuan awal dari proyek ini adalah untuk pengenalan masyarakat terhadap internet. Situs yang dapat diakses pun adalah situs yang memiliki domain di Indonesia.

Tantangan dan Hambatan
Terdapat tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam proyek ini. Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbesar ke-empat di dunia. Topografinya pun merupakan kepulauan dengan lebih dari 17000 pulau. Mengingat hal tersebut, perluasan proyek ini akan menjadi tatangan tersendiri.
Untuk masalah jumlah penduduk, maka diperkirakan server dibutuhkan harus mampu menangani pengguna yang sangat besar. Hal ini akan menyebabkan biaya yang sangat besar baik untuk biaya pembuatan maupun pemeliharaan server. Dalam menanggulangi hal ini maka idProxy akan menggunakan sistem virtual cluster.


Sedangkan untuk masalah topografi, pihak idProxy tidak dapat berbuat banyak mengingat jaringan yang diberlakukan merupakan kerjasama dengan provider GSM. Untuk menangani masalah ini maka pengguna dapat menggunakan nomor GSM yang memiliki sinyal terbaik ataupun kepadatan terendah di daerah tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan
idProxy merupakan terbosan baru dalam penggunaan internet di Indonesia. Seperti inovasi baru lainnya, terdapat banyak kelebihan yang dapat dimanfaatkan namun terdapat juga kelemahan yang mungkin dapat ditanggulangi seiring berjalannya waktu.
Beberapa kelebihan idProxy adalah:
  1. Bersifat gratis.
  2. Memiliki DNS yang dapat menyaring konten negatif sehingga tidak membahayakan generasi muda.
  3. Memiliki jangkauan nasional.
  4. Memiliki kompresi data yang baik sehingga kecepatannya terjaga.
Sedangkan kekurangan idProxy adalah:
  1. Memiliki bandwith yang terbatas.
  2. Hanya dapat mengakses situs dengan domain yang berada di Indonesia.
  3. Hanya diperuntukan bagi pengguna ponsel.
  4. Terdapat kemungkinan mengalami server down karena masih dalam pengembangan menangani jumlah permintaan data dari pengguna yang besar.


Kesimpulan
idProxy merupakan proyek ambisius yang dapat mengatasi permasalah perluasan internet di Indonesia. Dengan idProxy maka masyarakat dapat menggunakan internet secara gratis. idProxy juga dilengkapi dengan DNS untuk menyaring konten negatif selama pengguna berselancar di dunia maya.
Proyek ini memanfaatkan dua inovasi yaitu dengan melakukan kerjasama dengan provider GSM dan dengan pemampatan data yang ditransfer.

Selain memiliki kelebihan utama yaitu gratis, idProxy juga memiliki kekurangan yaitu pembatasan bandwith dan juga hanya dapat mengakses situs yang memiliki domain di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dari kapasitas server dan konten yang diakses oleh pengguna.

Dengan hadirnya idProxy maka diharapkan masyarakat yang berada di daerah pedalaman dapat juga merasakan akses internet.

Daftar Pustaka:
A Focus of Efficiency. Internet.org, USA. 2015.
Connecting from the Sky. Facebook, USA. 2014.
State of Connectivity:2014. Internet.org, USA. 2014.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;